Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2013

Pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) Kalsel 2013 akan digelar pada 5-7 April. Even yang diselenggarakan BKKBN Provinsi Kalsel bersama UKM PIK-Mahasiswa “Bina Remaja Mandiri” UNLAM, bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe di kalangan kampus agar mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku positif.

Ketua Panitia Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tahun 2013, Akhmad Bukhari mengharapkan, kegiatan ini dapat menjaring mahasiswa-mahasiswi berprestasi di Kalsel sebagai wakil untuk perlombaan Duta Mahasiswa GenRe di tingkat Nasional di Jakarta April 2013. Bagi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti kontes, diberikan kesempatan untuk mendaftar. Tema kali ini ada “Mencetak Generasi yang berperilaku positif, berkarakter dan berprestasi sebagai langkah awal membentuk generasi berencana guna terwujudnya tegar remaja”.

Di tempat yang sama Kasubbid Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Kalsel, Dra Elya Rahmiati MAP menjelaskan, banyak cara  untuk membina generasi muda khususnya mahasiswa Indonesia serta sekaligus menjadi kemasan publikasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Seperti hal nya yang dilakukan Badan Kependudukan dan KB Nasional (BKKBN) dengan  mengemas Program GenRe melalui Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe untuk memasukan  isi pesan pendewasaan usia perkawinan dan perencanaan keluarga.

“Untuk mengatasi permasalahan remaja ini, BKKBN sebagai salah satu instansi pemerintah merespon permasalahan remaja melalui pengembangan program Generasi Berencana (GenRe). Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada remaja itu sendiri melalui pengembangan PIK Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) dan pendekatan kepada orang tua melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR),” ujarnya.

Di samping pendekatan pengembangan kelompok kegiatan, program GenRe juga disosialisasikan melalui berbagai media. Dalam rangka sosialisasi dan  promosi Program GenRe di lingkungan mahasiswa, maka diperlukan figur motivator dari kalangan mahasiswa,  sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa.

“Figur motivator ini dapat disiapkan melalui Duta Mahasiswa GenRe. Dengan peran Duta Mahasiswa, sosialisasi Program GenRe di lingkungan kampus dirasa lebih efektif  karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari oleh dan untuk mahasiswa sehingga menjadi ramah mahasiswa,” tutur Elya.

Di samping itu, katanya, di  lingkungan masyarakat secara umum ikon duta dirasa memberi nilai lebih dalam melaksanakan sosialiasi program. Kegiatan Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Duta mahasiswa GenRe ini sudah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut, dan tahun 2013 ini merupakan pemilihan kali keempat. Woel

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Kuku Bima ENER-G!

Amplang Mia Lestari
 

 

Web Statistik

Total Kunjungan : 296901
Kunjungan Hari Ini : 156
Online User : 6
Last Update : 17-04-2014

kirim kabar ke : [email protected]

Peluang Bisnis Agen Tiket Pesawat Online

 

 

 

 

[Get This]