Pelajari Peran dan Fungsi Kepala Desa

Bupati Barito Kuala (Batola) H Hasanuddin Murad melantik dua Kepala Desa (Kades) di daerahnya, periode 2013-2019, Selasa (19/3). Kedua kades yang dilantik di Aula Rakat Mufakat tersebut yakni Kades Belandean Muara Kecamatan Alalak, Baseri dan Kades Jelapat Baru Kecamatan Tamban, Yusri. Baseri menggantikan Ahmad Mulyansyah Jaya, sedangkan Yusri menggantikan H Mahruddin.

            Pelantikan yang dihadiri Sekdakab Batola H Supriyono, Kepala BPMPD Jamiddin Praja, para asisten, pejabat eselon II, camat, serta masyarakat tersebut ditandai pengambilan sumpah, penandatanganan berita acara sumpah, pemasangan tanda jabatan, serta penyerahan isi petikan jabatan kepada kedua kades dari Bupati H Hasanuddin Murad.

Ada beberapa hal yang disampaikan bupati kepada kedua kades yang dilantik. Di antaranya agar kades bersama-sama perangkat desa lainnya untuk benar-benar mempelajari terhadap peran dan fungsi, sehingga dalam menjalankan tugas dapat mengerti, memahami dan menghormati kewenangan bidang tugas masing-masing.

            Berkaitan dengan masalah pertanahan dan batas wilayah antar desa dalam kabupaten maupun dengan desa kabupaten tetangga, bupati menyarankan, kades dan perangkat desa agar melakukan pembenahan dan pemitaan wilayah serta melakukan pengumpulan data kepemilikan lahan di samping juga diingatkan sebelum memberikan persetujuan SPPFBT hendaknya dilakukan cek dan ricek, sehingga dapat menghindari terjadinya tumpang tindih kepemilikan.

            Selain menyangkut kepemilikan lahan bupati juga menyinggung tentang pemerintahan dan pembangunan di desa yang menurutnya penting untuk menjadi perhatian terutama yang berkaitan dengan pengelolaan program dan keuangan desa yang di dalamnya mengandung konsekuensi hukum bila dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

            Bupati yang akrab disapa Hasan ini juga mengharapkan, kades dan perangkat desa lainnya harus siap bekerja keras dan cerdas terutama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga di samping mampu menggerakkan, memberdayakan serta meningkatkan peran dan partisifasi aktif warga.

            Selain mengutarakan beberapa hal di atas bupati yang mantan anggota DPR RI ini menyarankan selaku kades hendaknya tetap memberikan pelayanan administrasi di desa. Dengan kata lain setiap pelayanan yang diberikan tetap di bawah kendali kades. Ini dimaksudkan agar Sekdes tidak sewenang-wenang dalam menjalankan tugas, lebih-lebih karena merasa PNS.

            Hasan juga minta sebagai PNS, Sekdes hendaknya tetap aktif untuk hadir serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sementara kades maupun camat diminta untuk melakukan pengawasan disiplin yang bisa dikenakan sanksi sesuai ketentuan PP 53/2010. Humpro Batola/YdM

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Kuku Bima ENER-G!

Amplang Mia Lestari
 

 

Web Statistik

Total Kunjungan : 297251
Kunjungan Hari Ini : 400
Online User : 9
Last Update : 17-04-2014

kirim kabar ke : [email protected]

Peluang Bisnis Agen Tiket Pesawat Online

 

 

 

 

[Get This]