Pamong Budaya Non PNS

Lydia dari KabupatenTanah Laut, Daniel (HSS) dan Toto (HST) adalah 3 dari 100 Pamong Budaya seluruh Indonesia utusan dari Kalimantan Selatan yang resmi dikirimkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI ke 33 provinsi di Indonesia  daerah yang mencakup tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
      Wakil Presiden RI, Boediono, sebelumnya memasangkan seragam kepada 3 perwakilan pamong budaya utusan Kalsel itu saat pagelaran Wayang Summit 2012, di Lingkar Monumen Nasional (Monas), 24 November 2012 silam.
      Menurut Kasi Pergelaran Taman Budaya Kalsel, Drs Syahriani MPd, 100 pamong yang terpilih dari 900 calon pamong yang mendaftarkan, akan bertugas sebagai guru, motivator, pendongeng, sampai menceritakan seputar dunia pewayangan kepada anak-anak yang ada di wilayah perbatasan.
        "Jadi Pamong  ini adalah penyuluh budaya non PNS, tapi mereka adalah pamong yang telah direkrut melalui seleski ketat. Kemudian digembleng selama dua minggu terakhir sampai akhirnya mereka siap turun ke daerah 3T," katanya, Rabu (15/5/2013).
       Syahriani menambahkan, setelah ketiga perwakilan ini dikirim ke daerah masing-masing, salah satu tugasnya adalah harus melaporkan diri kepada Taman Budaya sebanyak 1 bulan sekali. Pamong Budaya mengemban misi sebagai inspirator dan motor penggerak kebudayaan. Ini merupakan bentuk pemberdayaan tenaga non-PNS untuk membantu tugas dan fungsi yang diemban unit-unit pemerintah yang sudah ada.
      “Tugas pokok dan tanggung jawab sang pamong  adalah melaksanakan kegiatan teknis pembinaan dan pengembangan kebudayaan. Kegiatan teknis yang dimaksud di antaranya melakukan penggalian dan persemaian nilai budaya dari berbagai sisi. Misalnya, nilai kesejarahan, seni, tradisi, kepercayaan, permuseuman, dan kepurbakalaan,” ungkapnya.
      Pamong Budaya yang lulus dikontrak selama setahun selain diberikan gaji sebesar Rp2.100.000 per bulan, juga mendapat uang makan per hari Rp25.000 selama dalam masa kontrak. Bagi Pamong Budaya yang sudah mendapat pendidikan, akan mendapatkan fasilitas sepeda motor selama bertugas dan juga kemendapat kamera, modem dan laptop. Bin

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Kuku Bima Energi

Amplang Mia Lestari

 

Web Statistik

Total Kunjungan : 447391
Kunjungan Hari Ini : 153
Online User : 7
Last Update : 15-09-2014

kirim kabar ke : [email protected]

Tiket Murah Online Sentosa

 Zona Kaya Cara Cepat Menjadi Kaya

 

 

 

 

[Get This]