20 Tempat Gaib di Banjarmasin

Ujung Pulau Alalak

Banjarmasin menuju Kota Metropolitan. Namun sebagai kota tua yang berusia 486 tahun, Banjarmasin juga tak dapat dilepaskan begitu saja dari kepercayaan masyarakat yang masih meyakini adanya tempat-tempat kuno yang bersejarah dan dianggap daerah khusus yang masih dihuni oleh orang-orang tempo doeloe.

Kelanjutan tradisi dari zaman dulu yang mempercayai alam gaib ini masih dipertahankan oleh segelintir penduduk di Banjarmasin yang memelihara tradisi leluhur dengan tetap mengunjungi tempat-tempat yang dikeramatkan itu sambil baanjur-anjur (membawa dan menyerahkan semacam sesaji) berupa pelbagai macam wadai (kue) khas Banjar antara lain kokoleh putih, kokoleh habang, cucur putih, cucur kuning, cucur habang, wajik, bubur habang, bubur putih, cingkaruk batu. Aneka kue ini oleh masyarakat Banjar dikenal dengan sebutan wadai 41 macam.

Amir Hasan Kiai Bondan dalam bukunya Suluh Sedjarah Kalimantan mengungkapkan ada 20 tempat khusus yang dihuni oleh orang gaib. Ke-20 tempat khusus itu adalah 1. Muara Bagau, 2. Basirih, 3. Mantuil, 4. Cerucuk, 5. Ujung Pulau Alalak, 6 Ujung Panti, 7. Sarapat, 8. Pulau Kembang,  9. Parigi Kecil (Muara Mantuil), 10. Pulau Tamban, 11. Sungah Jingah Besar, 12. Ujung Balai (seberang kiri), 13. Selat Besar (antara Pulau Kaget dan Pulau Tempurung), 14. Ujung Telan, 15. Ujung Pulantan, 16. Ujung Paradatua, 17. Ujung Pulau Burung, 18. Muara Sungai Musang Kecil, 19.Muara Sungai Musang Besar, 20. Simpang Panyanggaran.

“Ujung Panti menurut cerita orang-orang tua dulu merupakan tempat tinggal naga putih, sedangkan Muara Banjar tempat kekuasaan Gusti Ibrahim,” kata Amang Muhidin, warga Kuin Utara.

Kepercayaan itu melekat sampai kini, kata Amang Muhidin, sehingga bagi mereka yang tahu tak ada yang berani macam-macam memasuki wilayah-wilayah perkampungan tua di  Banjar tersebut. Aly

 

Kiriman terbaru

Halaman Terkait

0 Komentar





Validasi

Umroh & Haji Plus 2015 Anissa Travel

Web Statistik

Total Kunjungan : 530790
Kunjungan Hari Ini : 586
Online User : 5
Last Update : 31-10-2014

kirim kabar ke : [email protected]

Kuku Bima ENER-G!

Amplang Khas Banjarmasin

[Get This]